Cara Menyimpan cacao nibs – Panduan Lengkap - Zarya cacao company

Cara Menyimpan cacao nibs – Panduan Lengkap

Cacao nibs adalah potongan kecil biji kakao yang dihancurkan yang menyimpan banyak manfaat nutrisi. Cacao nibs memiliki rasa cokelat pahit, sama seperti biji kakao. Sebelum dihancurkan, biji kakao dikeringkan dan difermentasi, yang selanjutnya menambah rasa.

Caao nibs dapat dibeli dengan cara dipanggang atau mentah, dan menjadi makanan pokok yang enak di dapur berkat rasanya yang unik dan kaya, serta manfaat kesehatannya yang melimpah.

Membeli beberapa biji kakao adalah langkah pertama, tetapi bagaimana kamu menyimpannya? Saat menyimpan cacao nibs, kamu harus memastikan bahwa cacao nibs berada dalam wadah kedap udara, yang memungkinkan biji kakao tetap segar sebelum digunakan atau kamu bahkan dapat membekukannya jika tidak akan digunakan setiap saat. Sesegera mungkin.

Menyimpan cacao nibs

Biji kakao dapat bertahan selama beberapa tahun jika disimpan dalam kondisi yang tepat dan disimpan dengan benar.

  • Untuk memastikan cacao nibs kamu bertahan selama mungkin, kamu harus menyimpannya dalam wadah kedap udara, atau dalam kantong plastik kedap udara.
  • Wadah dengan cacao nibs harus disimpan di tempat yang gelap, sejuk dan kering.
  • Pastikan untuk mengeluarkan semua udara dari kemasan sebelum menyegel dan menyegelnya kembali, atau pindahkan cacao nibs ke dalam stoples kaca yang tertutup rapat untuk menjaga kesegarannya dalam waktu lama.

Jika kamu melihat tanda-tanda busuk atau jamur, atau jika biji kakao memiliki aroma yang aneh, kamu harus membuangnya.

Membekukan cacao nibs

Jika kamu telah membeli kakao nibs dalam jumlah besar dan tidak berencana untuk menggunakan semuanya dalam waktu dekat, kamu dapat membekukan cacao nibs ekstra untuk membuatnya bertahan lebih lama.

  • Untuk melakukannya, sebaiknya letakkan cacao nibs di atas loyang, sebarkan sebanyak mungkin, dan masukkan ke dalam freezer selama 30 menit.
  • Setelah berada di dalam freezer selama 30 menit dan mengeras serta terpisah,kamu dapat memindahkannya ke kantong freezer yang dapat ditutup kembali, atau ke wadah freezer kedap udara.
  • Jika kamu membekukannya dalam kantong freezer, coba dan dorong udara sebanyak mungkin, karena kelembapan di udara dapat merusak kualitas biji kakao.

Membekukannya di atas loyang selama 30 menit tidak akan membuat mereka benar-benar beku, tetapi membekukannya cukup untuk tetap terpisah satu sama lain ketika ditempatkan di dalam tas freezer, sehingga mereka tidak membeku bersama sebagai satu gumpalan besar yang membuatnya sulit. untuk bekerja saat kamu membutuhkan cacao nibsnya.

Jika kamu berencana menggunakan cacao nibs dalam muffin atau sebagai tambahan dalam sarapan, kamu selalu dapat membekukannya dalam porsi yang lebih kecil agar lebih mudah digunakan, tanpa harus mencoba dan memisahkannya dari kelompok beku yang besar.

Saat membekukan cacao nobs, beri label dengan tanggal pembekuan untuk melacak kapan kamu harus menggunakannya.

Kesimpulan

Untuk hal-hal kecil seperti itu, cacao nibs memiliki rasa yang kuat dan kaya, serta banyak manfaat kesehatan yang berbeda, terutama bila dikonsumsi mentah.

Ada alasan mengapa kakao dianggap sebagai Makanan Para Dewa. Makanan super ini diyakini memiliki asal usul ilahi, karena memiliki begitu banyak kualitas penyembuhan dan nutrisi, serta rasanya sangat enak saat digunakan untuk membuat coklat atau minuman kakao lainnya.

Karena dapat digunakan dalam berbagai cara, dan dalam berbagai bentuk, kamu harus menyimpan biji kakao dengan benar di rumah, untuk memastikan biji kakao bertahan selama mungkin.

Oh ya kita juga jual cacao nibs loh ini linknya :

Webshop : https://zaryacacao.com/shop/cacao-nibs/cacao-nibs-unsweetened-bali/

Tokopedi : https://www.tokopedia.com/freebutlazybirdcompany/zarya-organic-roasted-cacao-nibs-unsweetened-250-gram

Monggo di cek ya…

Semoga bermanfaat :)

Back to blog