Superfood ? - Zarya cacao company

Superfood ?

Tidak ada satu makanan pun yang bisa melakukan semuanya — tetapi tidak perlu dikatakan lagi bahwa ada beberapa makanan lebih sehat daripada yang lain. Sepiring salad lebih sehat daripada sepiring kentang goreng; fillet salmon lebih sehat daripada burger keju yang diisi berbagai jenis daging dan masih banyak contoh lainnya.

Bahkan di antara berbagai jenis makanan sehat, ada beberapa yang menonjol dan makanan itulah yang biasa disebut superfood oleh banyak orang di dunia ini.

Kenapa disebut superfood ?

Makanan super/superfood bukanlah kategori makanan yang diakui nutrisinya, jadi tidak ada kriteria khusus yang harus dipenuhi makanan untuk bisa disebut superfood. Tapi superfood biasanya diasosiasikan kepada makanan alami yang sangat padat nutrisi sementara umumnya memiliki kalori yang rendah.

Superfood membantu meningkatkan kesehatan dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peluang pencegahan atau perkembangan penyakit.

Setiap superfood memiliki sifat nutrisi yang berbeda, tetapi secara keseluruhan, mereka terkait dengan:

  1. Kesehatan jantung.
  2. Sistem kekebalan tubuh yang kuat.
  3. Pencegahan kanker.
  4. Mengurangi peradangan.
  5. Menurunkan kolesterol.

Apa yang membuat makanan menjadi superfood ?

Makanan super, dalam arti tertentu, persis seperti apa bunyinya: kategori makanan yang sangat sehat. Tapi tidak semua makanan sehat adalah Superfood.

Super food adalah makanan yang menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa, melebihi apa yang kamu harapkan berdasarkan profil nutrisinya

Secara khusus, superfood akan mengandung :

  1. Antioksidan: Senyawa alami ini melindungi sel-sel kamu dari kerusakan dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.
  1. Mineral: Nutrisi penting ini (pikirkan kalsium, potasium, zat besi, dan sejenisnya) membantu tubuh kamu bekerja pada tingkat tertinggi.
  1. Vitamin: Lebih baik mendapatkan senyawa organik ini dari makanan alami - seperti superfood - daripada dari suplemen.
  1. Serat: Serat membantu menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung dan mengontrol glukosa pada diabetes tipe 2.
  1. Flavonoid: Ditemukan pada tumbuhan, flavonoid (dulu disebut vitamin P) memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-karsinogenik.
  1. Lemak sehat: Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, alias "lemak baik," membantu menurunkan kolesterol kamu dan mencegah penyakit jantung dan stroke.

Makanan apa yang memenuhi syarat sebagai superfood ?

“Sebagian besar superfood berasal dari tumbuhan, tetapi beberapa ikan dan produk susu juga ada yang masuk ke dalam kategori tersebut beberapa makanan super paling populer dan apa yang membuatnya begitu, yah, super.

1. Alpukat, berry, buah bit, biji chia, kayu manis, sayuran berdaun hijau gelap, bawang putih, jahe, teh hijau dan pastinya adalah cacao nibs.

Cokelat hitam dengan setidaknya 70% pure kakao adalah makanan super sejati tetapi biji kakao membawanya ke tingkat berikutnya. Kakao nibs pada dasarnya memakan biji kakao itu sendiri karena telah dipanggang, dipisahkan dari kulitnya dan dipecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Ketika kita menggunakan kata 'Cocoa' biasanya mengacu pada produk akhir yang diproses. Kakao adalah bagaimana segala bentuk coklat dimulai karena bijinya berasal dari pohon kakao Theobroma.

Kakao nibs adalah bentuk coklat yang paling sedikit diproses dan paling alami. Kurangnya pengolahan dan tidak ditambahkannya gula memang memberi mereka sedikit rasa khas yang agak asam, fruity dan sedikit pahit sebagaimana rasa coklat hitam tanpa gula namun mereka memiliki banyak kegunaan karena kamu dapat menambahkannya ke dalam smoothie, sebagai topping pada makanan penutup, digunakan dalam memanggang atau bahkan hanya sebagai camilan langsung dari packagingnya.

Jadi tunggu apa lagi daripada kamu makan chocolate bar yang penuh gula (walaupun enak banget kan) mending ganti ke kakao nibs aja si superfood satu ini yang penuh dengan berbagai manfaat yang luar biasa buat tubuh kamu.

Oh ya kita juga jual cacao nibs loh ini linknya :

Webshop : https://zaryacacao.com/shop/cacao-nibs/cacao-nibs-unsweetened-bali/

Tokopedi : https://www.tokopedia.com/freebutlazybirdcompany/zarya-organic-roasted-cacao-nibs-unsweetened-250-gram

Monggo di cek ya…

Semoga bermanfaat :)

Good luck

Back to blog