Apa itu cacao nibs dan apa manfaatnya buat kita ? - Zarya cacao company

Apa itu cacao nibs dan apa manfaatnya buat kita ?

Apa itu cacao nibs ? cacao nibs/kakao nibs adalah biji kakao yang telah melewati beberapa proses setelah dipanen. Biji kakao yang dipanen akan dikeluarkan dari buahnya, difermentasi lalu dikeringkan. Simpelnya, cacao nibs adalah potongan daging yang dihancurkan dari biji kakao mentah ataupun yang sudah melewati proses pemanggangan/roasting. Beberapa produsen mengemas cacao nibs dalam keadaan mentah. Namun, ada juga yang memanggang cacao nibs sebelum dijual. Cacao nibs memiliki rasa pahit dan kompleks seperti coklat hitam tanpa pemanis. Tekstur cacao nibs renyah dan kenyal mirip dengan biji kopi yang sudah di roasting/panggang.

Apa manfaatnya cacao nibs untuk kita ?

Penuh dengan zat antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel kamu dari kerusakan yang disebabkan oleh kelebihan molekul yang disebut radikal bebas. Ketika radikal bebas melebihi jumlah antioksidan, itu mengarah ke kondisi yang dikenal sebagai stres oksidatif yang telah dikaitkan dengan sejumlah kondisi kronis,seperti penyakit jantung, kanker tertentu, penurunan mental dan diabetes . Biji kakao sarat dengan antioksidan. Ini termasuk kelas antioksidan polifenol yang disebut flavonoid, seperti epicatechin, catechin, dan procyanidins.

Memiliki sifat anti-inflamasi

Peradangan jangka pendek adalah bagian penting dari sistem pertahanan tubuh kamu dan membantu melindungi dari cedera berbagai penyakit. Di sisi lain, peradangan kronis berbahaya dan telah dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes . Peningkatan produksi radikal bebas merupakan salah satu kemungkinan penyebab peradangan kronis. Makanan tinggi antioksidan — seperti biji kakao — membantu memerangi efek ini . Biji kakao dan produk kakao lainnya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa polifenol kakao dapat mengurangi aktivitas protein NF-κB, yang memainkan peran penting dalam proses inflamasi.

Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat dari biji kakao mungkin memiliki dampak positif pada kesehatan kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kakao memiliki efek menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh kamu. Misalnya, flavonoid kakao membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu meningkatkan respons kekebalan secara keseluruhan.

Kakao juga dapat meningkatkan fungsi jaringan limfoid terkait usus (GALT), bagian penting dari sistem kekebalan yang terletak di seluruh usus kamu. GALT mengandung sekitar 70% dari semua sel kekebalan di tubuh kamu . Diet yang diperkaya kakao telah terbukti mengurangi sensitivitas terhadap antigen oral - racun dan alergen - dengan meningkatkan fungsi lapisan khusus di usus kamu yang membantu melindungi dari alergi makanan dan menjaga kesehatan usus.

Bermanfaat untuk mengontrol gula darah

Konsumsi kakao dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah mengkontrol gula darah. Penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa kakao dapat membantu mengatur kontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, hormon yang membantu sel menyerap gula darah. Sebuah penelitian pada 60 orang menemukan bahwa mereka yang makan sekitar 1 ons (25 gram) cokelat hitam polifenol tinggi setiap hari selama 8 minggu mengalami penurunan lebih besar dalam gula darah puasa dan HbA1c (penanda kontrol gula darah jangka panjang) dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Terlebih lagi, ulasan terbaru dari 14 studi di lebih dari 500.000 orang menunjukkan bahwa asupan 2 porsi cokelat per minggu dikaitkan dengan 25% penurunan risiko diabetes. Biji kakao mungkin merupakan salah satu produk kakao terbaik untuk dipilih untuk pengaturan gula darah, karena mengandung antioksidan penstabil gula darah yang tinggi dan tidak mengandung gula tambahan.

Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Banyak penelitian telah menemukan bahwa polifenol kakao - termasuk katekin dan antosianin - dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dalam banyak cara. Kakao telah terbukti mengurangi banyak faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol dalam penelitian pada manusia. Sebuah tinjauan terhadap 20 penelitian mencatat bahwa konsumsi produk kakao yang kaya flavonoid dikaitkan dengan penurunan tekanan darah yang signifikan (2–3 mm Hg) selama 2–18 minggu.

Asupan kakao juga telah terbukti meningkatkan fungsi pembuluh darah, aliran darah, dan kolesterol HDL (baik) sekaligus menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan peradangan — yang semuanya dapat melindungi terhadap penyakit jantung. Faktanya, penelitian populasi telah menghubungkan asupan kakao dengan penurunan risiko gagal jantung, penyakit arteri koroner, dan stroke.

Memiliki efek antikanker

Antioksidan kuat yang terkonsentrasi dalam biji kakao mungkin memiliki sifat antikanker. Antioksidan kakao - termasuk epikatekin dan katekin - membantu mengurangi peradangan, mencegah penyebaran sel kanker, dan menginduksi kematian pada sel kanker tertentu. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa diet yang diperkaya kakao menghentikan penyebaran sel kanker usus besar dan menyebabkan kematian sel kanker usus besar pada hewan pengerat.

Uji tabung dan penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa biji kakao memiliki efek perlindungan terhadap kanker paru-paru dan prostat. Selain itu, studi populasi menunjukkan bahwa asupan antioksidan flavonoid yang lebih tinggi, seperti yang ditemukan dalam biji kakao, dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu, termasuk kanker ovarium dan paru-paru.

Apa yang kamu dapat lakukan dengan kakao nibs ?

Ada lusinan kegunaan biji kakao, tetapi bagaimana kamu memilih untuk mengkonsumsinya terserah kamu. Biji kakao organik biasanya merupakan pilihan terbaik di supermarket, tetapi jika kamu dapat membeli biji kakao atau bahkan biji kakao utuh dari pembuat cokelat lokal, kualitasnya biasanya lebih baik. Meskipun kamu dapat menggunakan biji kakao untuk membuat coklat, akan tetapi blender dapur tidak akan membuat mendekati tekstur halus yang biasa kita kaitkan dengan cokelat, yang dihaluskan selama rata-rata 48 jam.

Ada kegunaan yang jauh lebih baik untuk biji kakao, seperti mengganti sebagian kacang atau keping coklat dalam beberapa resep, meskipun setiap resep perlu diubah satu per satu. Tidak seperti bubuk kakao, biji kakao masih mengandung kira-kira setengah lemak (dalam bentuk mentega kakao), sehingga mereka menambahkan lebih banyak bobot pada makanan seperti smoothie atau es krim, serta lebih banyak kalori padat nutrisi. Mereka dapat ditambahkan ke makanan yang dipanggang atau campuran jejak untuk rasa cokelat yang kamu idamkan, tetapi dengan sedikit lebih banyak serat makanan dan hampir tidak berdampak pada gula darah.

Mencari tahu cara menambahkan biji kakao ke dalam makanan kamu bisa sesederhana mencari tahu cara terbaik untuk menikmatinya. Jika kamu cenderung menyukai coklat yang lebih manis, kamu mungkin ingin memadukannya dengan buah-buahan dalam smoothie atau menaburkannya di atas es krim non-susu. Tetapi jika kamu seperti saya dan kamu menikmati kerumitan pahitnya, kamu bisa memakannya segenggam penuh dengan almond atau pecan mentah, sebagai camilan tengah hari atau di atas yogurt favorit kamu untuk tekstur yang renyah.

Kesimpulan

Biji kakao adalah produk cokelat bergizi tinggi yang terbuat dari biji kakao yang dihancurkan.

Mereka sangat kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

Produk kakao seperti biji kakao telah dikaitkan dengan penurunan penyakit jantung dan risiko diabetes, serta manfaat kesehatan lainnya.

Memasukkan biji kakao ke dalam diet seimbang pasti akan meningkatkan kesehatan sambil memuaskan hasrat cokelat kamu.

Oh ya kita juga jual cacao nibs loh ini linknya :

Webshop : https://zaryacacao.com/shop/cacao-nibs/cacao-nibs-unsweetened-bali/

Tokopedi : https://www.tokopedia.com/freebutlazybirdcompany/zarya-organic-roasted-cacao-nibs-unsweetened-250-gram

Monggo di cek ya…

Semoga bermanfaat :)

Back to blog